-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim Pemalang Gelar Latbakjatri Di Pegongsoran

    GHSNews.id
    Kamis, 02 Maret 2023, 07.49 WIB Last Updated 2023-03-02T00:56:04Z

    GHS NEWS | PEMALANG Prajurit Kodim 0711/Pemalang harus memiliki kemampuan tempur yang selalu terbina dengan baik, untuk itu salah satunya adalah kemampuan menembak yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit, maka dari itu tentunya dibutuhkan latihan yang dilakukan secara terarah, bertahap, bertingkat dan berlanjut.
     
    Terkait dengan hal itu, Kodim 0711/Pemalang melalui program Binlat Bidang Operasi yang sudah ditentukan dalam kalender waktu latihan, kembali menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan I tahun 2023 bertempat di lapangan tembak dukuh Pesalakan desa Pegongsoran kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang, Selasa (1/3/2023).


    Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Ae Afri Verdaniex, S.I.P   melalui Kepala Staf  Kodim (Kasdim) Mayor Cpm Edi Nuryanto, S.Pd pada saat mengambil apel mengatakan, dilaksanakannya kegiatan Latbak Jatri merupakan salah satu bentuk pembinaan personel dalam memelihara kemampuan menembak khususnya bidang latihan oleh Staf-2/ Operasi.
     
    Kasdim berharap dengan latihan yang terprogram secara bertahap berjenjang dan berlanjut setiap triwulannya, prajurit Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) mampu meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit dalam menembak senjata ringan.
     
    Sementara pada kesempatan yang sama Pasi Ops Kapten Arm Eko Budiharjo, menyampaikan kegiatan Latbakjatri ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 1 sampai 3 maret 2023 dengan menggunakan senjata senapan laras panjang dan pistol P-1.
     
    “Dengan Latbakjatri ini Pasi Ops berharap untuk semua anggota Kodim 0711/Pemalang mampu menguasai senjata dalam hal (Nabitepi) yaitu napas, bidikan dan tarikan picu bisa sesuai mengenai sasaran lesan, dalam kegiatan menembak senjata Laras panjang maupun Pistol P-1 untuk perkenaan menembak maksimal,” katanya.

    Komandan Latihan (Danlat), Danramil 05/Ulujami Kapten Inf Sodikin mengatakan, kegiatan latihan menembak senjata ringan ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan setiap triwulan.
     
    “Tujuannya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak setiap prajurit Kodim 0711/Pemalang. Sehingga menjadi Prajurit Profesional yang bisa diandalkan dalam menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia,” tambahnya.
     
    “Dengan latihan menembak, anggota Kodim dapat melatih kedisiplinan, ketenangan, kesabaran dan akurasi yang tepat selama latihan menembak,” pungkas Kapten Sodikin
     
    Latihan ini juga mendapat pengawasan dari Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Korem 071 Wijayakusuma yang dipimpin oleh  Perwira Seksi Latihan Korem 071/Wijayakusuma Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian  dengan anggota Sertu Ali mubarokah dan Serda Tardi.

    Dalam keterangannya Ketua Tim Wasev Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian menyampaikan selaku pengawas dan Evaluasi (Wasev) menyampaikan bahwa kegiatan latihan yang digelar merupakan salah satu pembinaan prajurit yang termasuk dalam Progja Kodim 0711/Pemalang triwulan I TA. 2023. Dalam hal ini, untuk meningkatkan kemampuan perorangan prajurit dalam kegiatan menembak menggunakan senjata ringan.

    Selanjutnya, Ketua Tim Wasev menjelaskan, sebelum melaksanakan menembak setiap prajurit ditekankan untuk memperhatikan faktor keamanan, guna menghindari timbulnya kerugian personel dan materiil serta satuan. Untuk itu, pelaksanaannya akan diawasi secara ketat oleh pimpinan petembak (Pibak) dan Pengawas lajur (Wasjur).
     
    “Untuk menghindari timbulnya kerugian tersebut, diharapkan seluruh peserta dan pendukung mengikuti mekanisme dan pedomani prosedur latihan yang sudah diterapkan. Selama pelaksanaan latihan menembak tidak ada prajurit yang bertindak sendiri, melainkan atas instruksi serta arahan dari penyelenggara dan panitia yang sudah ditunjuk oleh Koordinator, ” pungkasnya.

    Editor: Himawan

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    OPINI RAKYAT

    +