-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Banyak Kasus Gigitan Anjing Rabies, Pemkab Karangasem Sebar 50 Dokter Hewan

    GHSNews.id
    Jumat, 03 Maret 2023, 23.07 WIB Last Updated 2023-03-03T16:09:44Z

    GHS NEWS | BALI — Kasus gigitan anjing di Kabupaten Karangasem terus bertambah. Dari informasi yang didapat media ini, hingga 1 Maret 2023, terdapat puluhan kasus warga digigit anjing, dan sebagian anjing yang menggigit ada yang positif rabies.

    Seperti di wilayah Desa Bungaya Kecamatan Bebandem, Karangasem salah satu warga yang tengah beristirahat usai bekerja diladang tiba-tiba di gigit oleh anjing milik tetangganya. 

    "Saya mau duduk, tiba-tiba saja ada anjing yang datang dan menggigit paha bagian dalam saya, saya tidak tau apakah anjing tersebut rabies atau tidak, tapi saya lihat ekornya turun dan anjing itu tidak banyak mengeluarkan suara (menggonggong)," kata I Ketut Kerti, warga yang menjadi korban gigitan anjing.

    Begitu usai di gigit, Ketut Kerti langsung dibawa ke UGD RSUD Karangasem untuk mendapat penanganan. Setelah diobservasi, pihaknya dipersilahkan untuk pulang dan dirujuk di Puskesmas setempat untuk mendapat vaksinasi rabies, demi mencegah hal yang tidak diinginkan. 

    "Ya, hari ini saya sudah mendapat vaksin rabies jenis Verorab," sambungnya, Rabu (1/3/2023).

    Dari informasi yang didapat, anjing tersebut sudah menggigit lebih dari satu orang, namun sampai saat ini, anjing tersebut masih tetap di pantau.

    Sementara, pada Jumat (3/3/2023) salah seorang warga yang bekerja di sebuah rumah pembuatan roti di Desa Seraya juga mengaku terkena gigitan anjing yang positif rabies dan sudah mendapat vaksinasi.

    Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah mengaku akan segera melakukan tindakan. "Ya kami sudah koordinasikan, nanti pada hari Senin mendatang kami akan mengajak sebanyak 50  dokter hewan untuk turun kelapangan, menyebar ke seluruh wilayah Karangasem. Disana nanti, selain memberikan imbauan kami juga akan mengeluarkan vaksin untuk anjing sebanyak 15.000 lebih," katanya, Jumat (3/3/2023). (Ami/bk)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru