-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates
     

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Libur Panjang, Arus Mudik di Pelabuhan Gilimanuk Diprediksi Meningkat

    GHSNews.id
    Sabtu, 23 April 2022, 20.20 WIB Last Updated 2022-04-23T13:20:14Z

    GHSNEWS.ID, BALI – Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang terhitung beberapa pekan lagi, Bupati Tamba  didampingi Wabup Patriana Krisna beserta Jajaran Forkopimda Kabupaten Jembrana melaksanakan pemantauan arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk. Sebelum menuju pos pantai  di Pos II Pelabuhan Gilimanuk, rombongan Forkopimda Jembrana melihat langsung kantong parkir yang ada di area cargo di Kelurahan Gilimanuk tepatnya di sebelah utara Pertamina. Sabtu (23/4).

    Area cargo tersebut merupakan satu-satunya kantong parkir yang ada di kelurahan Gilimanuk yang luasnya sekitar 38 hektare untuk menampung arus mudik yang dari arah Denpasar guna mencegah terjadinya penumpukan di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk. Diareal tersebut, juga sudah disiapkan 4 Pos vaksinasi dan termasuk Pos Rapid Test Antigen dan PCR.

    Dalam kesempatannya, Bupati Tamba mengatakan pihaknya bersama Wabup Patriana Krisna beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Jembrana berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pemudik, agar aktifitas arus mudik dan balik lebaran tahun 2022 dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif khususnya disepanjang wilayah kabupaten Jembrana.  

    “Saya hari ini ngecek langsung bersama pak wakil dan jajaran forkopimda,jadi kita pastikan hari ini setelah ada instruksi pak menteri untuk kenyamanan pemudik kita.
    Dan sudah cek dilapangan bagaimana mengatur lalu lintas bagi kendaraan sepeda motor,mobil, truk,bus, itu sudah kita floting masing masing. Pak kapolres sudah memfloting itu beserta jajaranya sudah sangat sempurna dan sangat baik,” kata Bupati Tamba.

    Bupati Tamba juga menghimbau kepada  umat muslim yang akan melakukan perjalanan mudik agar menentukan hari dan waktu yang tepat untuk mudik.  

    ”Sodara-sodaraku umat muslim yang akan melaksanakan mudik pilih-pillihlah harinya,  terutamanya yang menggunakan sepeda motor agar memilih waktu dan melihat kondisi cuaca yang bersahabat.  Sehingga ketika mudik terasa nyaman hingga sampai dikampung halaman dengan selamat,”harapnya. 

    Selain itu, untuk pos vaksin juga sudah disiapkan di empat titik yakni di pelabuhan Gilimanuk dan di Pos pelayanan terminal cargo.  Masing-masing titik tersedia 2 pos vaksin guna mengantisipasi melonjaknya vaksinasi saat mudik berlangsung. 

    “Kita siapkan maksimal di terminal cargo ada 2, di pos gilimanuk juga ada 2 jadi totalnya 4 itu sudah sangat cukup. Karena masyarakat sekarang sudah semuanya mengerti, kalau mau nyebrang dia harus vaksin segala macam rapid tes mereka sudah paham. Jadi 4 titik itu sudah cukup kita juga sudah siapin ruang pemantauan melalui IT berupa CCTV.  Jadi segala hal-hal terburuk yang akan terjadi saat mudik mendatang sudah kita pikirkan, ya mudah mudahan tidak terjadi, semua berjlan dengan baik sesui dengan sekenario yang kita lakukan pada hari ini,”ungkapnya.

    Sementara itu, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gede Juliana menghimbau agar para pemudik sebisa mungkin tidak menggunakan sepeda motor saat melaksanakan mudik, akan tetapi dengan menggunakan transportasi umum sehingga bisa mengurangi mobilitas yang ada di jalur denpasar-gilimanuk.

    “Namun apabila tetap menggunakan sepeda motor barang bawaan yang harus diperhatikan jangan sampai mengganggu keselamatan dijalan dan tentu waktunya seperti yang disampaikan tadi waktunya dipilih jangan pada saat arus puncak yang diperkirakan tanggal 28,29 dan 30. Jadi jauh-jauh hari sudah bisa merencanakan perjalanan untuk mudik,” pungkasnya.( Adi/as)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru