Bank Sampah 'Bersih Lestari' Desa Dangin Puri Klod Ajak Masyarakat Menabung -->

Advertisement

Bank Sampah 'Bersih Lestari' Desa Dangin Puri Klod Ajak Masyarakat Menabung

GHSNews.id
Minggu, 15 Agustus 2021


GHS NEWS ■ Keberadaan Bank Sampah "Bersih Lestari" di Desa Dangin Puri Klod tetap diberdayakan warga meski ditengah situasi pandemi. Terlihat aktivitas pengelolaan sampah di Desa Dangin Puri Klod ini berjalan dengan beragam inovasinya.

Perbekel Desa Dangin Puri Klod, Made Sada saat dihubungi mengatakan bahwa keberadaan bank sampah di wilayahnya ini adalah buah pemikiran warga nya yang ingin terus menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah desa yang baik.

"Adapun dalam pengelolaan nya dilaksanakan pemilahan mulai dari sampah organik hingga anorganik. Hasil dari pemilahan sampah ini juga dimanfaatkan sebagai tabungan bagi warga dimana dari tabungan ini sudah ada yang berhasil dimanfaatkan warga untuk keperluan upacara agama dan keperluan lainnya. Tentu harapan kami bank sampah ini tetap dapat berjalan dengan inovasi nya meski ditengah pandemi. Tentu harapan nya demi pengelolaan sampah yang baik serta menjaga lingkungan tetap bersih. Tercatat hingga saat ini sudah sekitar ratusan warga kami telah terdaftatar sebagai nasabah bank sampah ," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan di Bank sampah Bersih Lestari masyarakat diajarkan bagaimana ikut bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan dengan melakukan pemilahan mana sampah organik dan sampah an organik. Sampah an organik seperti plastik, besi dan barang bekas lainnya bisa dijual dan di tabung di Bank Sampah Bersih Lestari. 

" Jadi sampah ini jika dikelola dengan pemilihan dapat bernilai ekonomi, sementara sampah organik bisa diolah menjadi kompos," kata Sada. (hms/Dps).