-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Jaya Nagara Hadiri Karya Mamukur Gria Gede Delod Pasar Intaran

    GHSNews.id
    Selasa, 18 April 2023, 14.52 WIB Last Updated 2023-04-18T07:52:36Z

    GHSNEWS.ID | BALI — Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara menghadiri Upacara Mamukur di Gria Gede Delod Pasar Intaran, Sanur, Selasa (18/4).

    Terlihat sejak pagi pagi masyarakat sudah memadati Bale Peyadnyan untuk mengikuti uapacara mapepada.

    “Mapepada merupakan upacara penyucian yang dilaksanakan sebelum persembahan hewan yang hendak digunakan untuk sarana upacara, yang dalam pengertianya sebagai persamaan, atau dapat diartikan sebagai penyamaan terhadap roh hewan yang akan digunakan untuk sarana upakara. Dengan upacara Mapepada diharapkan arwah dari hewan yang digunakan untuk upakara, ketika lahir kembali mengalami kenaikan derajat atau tidak menjadi hewan kembali,” ujar Walikota Jaya Negara saat ditemui disela-sela kegiatan.

    Jaya Negara juga mengapresiasi Karya Memukur ini yang melibatkan ratusan pengiring, dan tentu dapat meringankan beban masyarakat.

    Sementara Manggala Karya, IB Oka Indiana mengatakan, karya mamukur masal di Griya Gede Delod Pasar Intaran Sanur ini memang rutin di adakan setiap 5 tahun sekali.

    Tahun ini karya mamukur di ikuti 200 Puspa dan 250 orang yang mepandes dari 7 banjar. Yakni 6 Banjar dari Desa Intaran dan 1 lagi dari Sidakarya yakni Suung Kangin.

    Upacara mapepada ini di puput oleh Ida Pedanda Gede Putra Manuaba, dari Griya Kutat Lestari Sanur. Dan untuk puncak Upacara pada Tilem Kedasa tanggal 20 april 2023 mendatang di Puput oleh Ida Pedanda Gede Beluangan, Griya Gede Delod Pasar Intaran Sanur.

    “Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kota denpasar terutama Bapak Walikota karena sudah berkenan hadir dan memberikan doa dan dukungan kepada karya ini, semoga upacara ini bisa terus kami laksanakan untuk masyarakat kedepannya,” ungkapnya. 

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    OPINI RAKYAT

    +