-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Antisipasi Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru, Bupati Gede Dana Gelar Operasi Pasar

    GHSNews.id
    Kamis, 22 Desember 2022, 22.15 WIB Last Updated 2022-12-22T15:15:36Z

    GHSNEWS.ID | KARANGASEM — Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok di pasaran menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, serta untuk menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Bupati Karangasem, I Gede Dana bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta dan Forkopimda serta TPID, Kamis (22/12/2022) melaksanakan operasi pasar dan pemantauan harga kebutuhan pokok dengan turun langsung ke dua pasar besar di Karangasem, masing-masing Pasar Terminal Karangsokong dan Pasar Amlapura Timur. 

    Dalam Sidak tersebut Bupati Gede Dana berdialog dengan pedagang pasar untuk menanyakan sendiri secara langsung sejumlah harga kebutuhan pokok, seperti beras, telur ayam, daging ayam, bumbu dapur dan sayur mayur.
     
    Kepada awak media, usai melaksanakan Sidak tersebut, Bupati Gede Dana menjelaskan, dari hasil Sidak atau turun langsung ke pasar yang dilaksanakannya tersebut, pihaknya belum menemukan adanya kenaikkan harga kebutuhan pokok yang signifikan. Dimana rata-rata kenaikkan setiap item atau komoditas pasar sebesar Rp. 2000. Ini menurut Bupati relatif masih stabil artinya kenaikkan harga kebutuhan pokok masih pada batas wajar.

    “Dari hasil pengecekkan tadi yang kami lakukan, memang terjadi kenaikkan harga utamanya pada harga beras, harga telur ayam dan beberapa jenis bumbu seperti cabai dan bawang merah. Namun naik turunnya itu menurut kami masih batas wajar,” sebutnya. 

    Pihaknya juga telah memerintahkan Disperindagkop dan TPID untuk terus melakukan pemantauan perkembangan harga kebutuhan pokok dipasaran. Jika kenaikkan harga atau inflasi yang terjadi sudah meelebihi batas wajar, pihaknya akan mengambil langkah cepat dengan menggelar operasi pasar termasuk menggelar pasar murah. 
     
    Sementara itu, saat ini harga telur ayam yang ukuran besar atau TB 1 dari pantauan yakni sebesar Rp. 50.000 per krat isian 30 butir. Sedangkan kalau untuk telur ayam kwalitas super harganya saat ini menurut sejumlah pedagang bisa mencapai Rp. 56.000 perkrat. Harga bawang merah dari sebelumnya Rp. 25.000 perkilo sekarang naik menjadi Rp. 28.000 perkilo. Harga cabai rawit merah dari sebelumnya Rp. 30.000 perkilo sekarang naik menjadi Rp. 40.000 perkilo. (Rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    OPINI RAKYAT

    +