-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun Tumbang Timpa Pura Dalem Sega

    GHSNews.id
    Minggu, 29 Mei 2022, 07.05 WIB Last Updated 2022-05-29T00:05:22Z

    GHSNEWS.ID, BALISebuah Pohon Beringin yang dikeramatkan warga dan berusia ratusan tahun tumbang menimpa sejumlah bangunan pelinggih di Areal Pura Dalem Desa Adat Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Peristiwa yang terjadi pada Jumat (27/5/2022) ini sontak mengagetkan warga. 

    Pasalnya, pohon beringin jenis Kroya ini mempunyai ukuran yang sangat besar, dengan panjang mencapai 25 meter dan diameter 2 meter. Tumbangan pohon tersebut menyebabkan beberapa bangunan pelinggih, serta bagian tembok penyengker dan Candi pura rusak terkena robohan kayu. Adapun beberapa bangunan pelinggih yang mengalami kerusakan yaitu, satu bangunan padmasana, satu bangunan Gedong Dalem, bangunan Apit lawang, bangunan sanggah pengayatan, dan bagian Candi penyengker mengalami kerusakan ringan. Diperkirakan total kerusakan mencapai Rp. 400 juta. 

    Kepala Wilayah Banjar Dinas Sega, I Nyoman Kariana membenarkan peristiwa tersebut. "Pohon ini tumbang pagi hari sekitar pukul 08.05 wita, sebelum tumbang di wilayah ini angin berhembus cukup kencang," Katanya. Diduga karena kondisi pohon yang sudah tua dan lapuk sehingga pohon tiba - tiba tumbang dan menimpa bangunan Pura Dalem yang ada dibawahnya. Sementara, upacara mepiuning sebelum penanganan pembersihan pohon tersebut sudah dilaksanakan hari itu juga. 

    Sementara penanganan baru dilaksanakan pada Sabtu (28/5/2022) dibantu oleh BPBD kabupaten Karangasem. "Penanganan dilakukan secara gotongroyong. Untuk saat ini penanganan sudah selesai dilakukan, " Kata Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa ketika dikonfirmasi. (Ami/bk) 

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru