-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    JSON Variables

    Menu Bawah

    9 Daerah Indonesia yang Seharusnya Wajib Miliki Moda Transportasi Massal LRT/MRT

    GHSNews.id
    Selasa, 16 April 2024, 20.41 WIB Last Updated 2024-04-16T13:41:38Z

    GHSNews.id - LRT (Light Rail Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit) menjadi modal transportasi berbasis rel yang saat ini menjadi solusi untuk mengurai kemacetan.

    Di Indonesia hanya ada 2 daerah yang memiliki moda transportasi massal tersebut yakni Palembang dan Jabodebek. 

    Sebenarnya beberapa kota di Indonesia mempunyai rencana untuk membangun proyek serupa namun keterbatasan dana APBD, masalah pembebasan lahan, hingga sulitnya mencari investor lokal maupun asing menjadi faktor kenapa kota-kota di Indonesia masih kesulitan merealisasikan hal tersebut.

    Kita bisa bandingkan negara raksasa Asia seperti Republik Rakyat Cina yang tiap kota metropolitannya hampir merata sistem transportasi massalnya, ada LRT, MRT, Monorail, Trem, ART, dan BRT. 

    Tidak hanya Shanghai dan Beijing namun kota-kota seperti Shenzhen, Zhuhai, Hongkong, Macau, Wuhan, Kanton, dll memiliki moda transportasi massal dalam kotanya masing-masing.

    Hal tersebut efektif mengurangi kemacetan disamping sosialisasi kepada rakyat Cina betapa pentingnya penggunaan moda transportasi massal dibandingkan naik kendaraan pribadi untuk menghemat cost dan memudahkan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain menjadi lebih cepat, apalagi Cina adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. 

    Indonesia yang berada di posisi keempat negara dengan penduduk terbesar di dunia, tentunya tiap kota besar harus punya transportasi massal untuk mengurai kemacetan.

    9 kota/daerah di Indonesia yang layak memiliki moda transportasi massal LRT/MRT di masa depan yakni:

    1. Surabaya, Jawa Timur 
    2. Medan, Sumatera Utara 
    3. Bandung, Jawa Barat
    4. Batam, Kepulauan Riau
    5. Pulau Bali
    6. Semarang, Jawa Tengah
    7. Surakarta, Jawa Tengah
    8. Yogyakarta, DIY.
    9. Makassar Sulawesi Selatan

    Ke 9 daerah/kota di atas memiliki penduduk di atas 1 juta jiwa, sehingga sudah selayaknya memiliki moda transportasi massal LRT atau MRT untuk mengatasi lonjakan populasi di masa depan. 

    Semoga saja pemerintah daerah di masing-masing tempat di Indonesia bisa memecahkan solusi, agar kedepannya kemacetan di Indonesia bisa di urai lebih baik.

    Gambar ilustrasi: LRT Surabaya melintasi jalan Basuki Rahmat.
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    OPINI RAKYAT

    +