-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Kearifan Lokal yang Tetap Terjaga di Desa Jampu

    Redaksi GHS
    Selasa, 07 November 2023, 06.08 WIB Last Updated 2023-11-14T05:17:03Z

     


    GHS NEWS | SOPPENG-Pemerintah Desa Jampu melaksanakan acara Pesta Rakyat Uluwai Mabbaji Baji Bujung dengan tema “Wujud nyata terhadap pelestarian budaya dan tradisi daerah”, bertempat di Desa Jampu, Kec. Liliaja. Senin, 06 November 2023

    Ketua Panitia, A. Aidil, S.PI dalam laporannya, Pesta rakyat Uluwai Mabbaji Baji Bujung merupakan kegiatan tradisional masyarakat Desa Jampu yang telah dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang kita hingga saat ini.

    Kegiatan ini bermakna sebagai bentuk pelestarian budaya kearifan lokal dan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas adanya sumber mata air yang tidak pernah habis sepanjang tahun sehingga masyarakat Desa Jampu tidak pernah kekurangan air baik untuk kebutuhan pertanian maupun untuk kebutuhan sehari-hari.

    Acara ini juga menampilkan berbagai kegiatan diantara pergelaran tari tradisional seperti Mappadendang dan Massure.

    Kapala Desa Jampu Nurhafsah, S. Sos, MM dalam sambutannya Kami selaku Pelayanan masyarakat dan pemerintah desa jampu mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadirannya di tempat ini terkhusus Bupati Soppeng yang berkenan berkunjung di daerah kami. Serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat hal kurang berkenan selama berada di tempat ini.

    Kegiatan ini merupakan kegiatan tradisional yang dapat mempererat tali silaturahmi masyarakat Desa Jampu.

    Olehnya itu, pada kesempatan ini kami menyampaikan bahwa masyarakat Desa Jampu senantiasa menganut sistem kegotong royongan dan kekeluargaan yang masih sangat kental.

    Tak hanya itu, Desa Jampu juga sangat berpotensi di bidang pertanian karena terdapat perairan yang cukup memadai, namun masih banyak juga sarana dan prasarana yang perlu dibenahi.

    Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya, Atas nama Pemerintah Daerah Kab.Soppeng menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Jampu atas upaya melestarikan kebiasaan baik ini yang menandakan bahwa masyarakat Desa Jampu tahu cara berterima kasih dengan alam karena manusia juga memiliki hubungan yang erat dengan alam sekitar.

    Jadi jagalah aset yang diberikan Tuhan untuk kita.

    Namun intinya adalah kegiatan ini merupakan wadah untuk saling bersilaturahim. Serta kesempatan untuk kita bertemu antar masyarakat dengan pemimpin baik tingkat desa maupun daerah sehingga masyarakat dapat menyampaikan apa saja yang dibutuhkan. Karena sejatinya kami selaku aparat sangat memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Olehnya ini, saya berharap agar kebersamaan ini dapat terus dijaga dengan baik.

    Pada acara tersebut, juga dilakukan Tausiah oleh Ust. Ilham Azhary, S. Ag, M. Ag.

    Turut hadir pada kegiatan ini, para perwakilan Forkopimda, Kepala BKPSDM Kab. Soppeng, Camat Liliriaja bersama para unsur tripika Kec. Liliriaja, para Kepala Desa/Lurah se Kec. Liliriaja, para tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Jampu.*)

    #Pemkab Soppeng 


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    OPINI RAKYAT

    +