-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Puluhan Keris Dipajang, Bupati Gede Dana Hidupkan Kembali Pengrajin Keris

    GHSNews.id
    Minggu, 10 April 2022, 17.08 WIB Last Updated 2022-04-10T10:08:06Z

    GHSNEWS.ID, BALI Pemerintah Kabupaten Karangasem menggelar Sarasehan dan Pameran Keris Bali, Minggu, (10/4/2022) yang dibuka langsung Bupati Karangasem I Gede Dana. Dalam acara ini juga diserahkan piagam penghargaan kepada para pengrajin Keris di Karangasem diantaranya, kepada Jero Mangku Made Wardhita, I Ketut Kota dan I Ketut Ruma.

    Bupati Gede Dana mengaku sangat mendukung adanya pameran Keris ini, "Ini kan bagian dari UMKM, keris yang dulunya dijadikan senjata, sekarang dijadikan sebagai hiasan. Saya sangat mendukung sekali supaya pengerajin keris ini bisa mengembangkan diri. Bisa menjadikan keris barang bernilai tinggi bahkan bisa di export ke luar negeri, terutama di Eropa yang ada banyak pengoleksi kerisnya, " Katanya.

    Sementara, kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Jana Kerti memperingati Hari Raya Tumpek Landep. Dimana dikatakan Bupati Gede Dana acara ini memberikan pemaknaan sesunguhnya mengenai apa itu Hari Raya Tumpek Landep. Masyarakat diharapkan dapat memaknai perayaan Tumpek Landep sesuai dengan tata titi yang benar dan tidak latah keliru memaknai tradisi  yang terlanjur ramai dilaksanakan.

    Tumpek Landep secara filosofis memiliki makna mengasah batin dan pikiran manusia melalui penyucian diri dan perbuatan mulia agar pikiran tetap tajam dan kuat, itulah alasan kenapa biasanya tetua zaman dahulu memberikan persembahan atau melakukan pemujaan terhadap pusaka atau keris sebagai simbol dari ketajaman yang diyakini mampu memberikan ketajaman pikiran atau kesidian terhadap benda bertuah tersebut.

    Sarasehan yang juga dihadiri Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Wayan Swastika, Sekda Sedana Merta dan Jajaran Forkopimda mengusung Tema “Pesona dan Taksu Keris”, dengan narasumber yakni Maestro Lontar Ida I Dewa Gede Catra dan Seniman Alam Ida Nyoman Sugata, S.Pd.

    Tak hanya puluhan OPD yang mengikuti acara tersebut, ada juga pengunjung dari komunitas kolektor Keris dari Denpasar. Sementara puluhan jenis keris berkualitas tinggi yang dipajang dan di pamerkan diantaranya merupakan milik dari OPD maupun masyarakat. (Ami/bk)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    OPINI RAKYAT

    +