-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    JSON Variables

    Menu Bawah

    Punya Fungsi Penyelamatan, Damkar Karangasem Gencar Berlatih Dengan Basarnas

    GHSNews.id
    Sabtu, 19 Februari 2022, 21.54 WIB Last Updated 2022-02-19T14:54:37Z

    GHSNEWS.ID, Bali – Damkar, Selain memiliki fungsi pemadaman api, kini juga berfungsi sebagai penyelamatan. Hal ini dikatakan Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah baru-baru ini. 

    "Tahun 2022 ini, selain pemadaman api, kita sekarang juga sedang fokus melaksanakan latihan untuk melakukan penyelamatan," Ujarnya. 

    Pasukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem menggelar latihan bersama dengan Basarnas. Adapun pelatihan yang dilaksanakan yaitu pelatihan tata cara dan teknik untuk mengevakuasi korban manusia, misalnya korban jatuh ke dalam sumur atau jurang Ataupun yang lainnya. Tak hanya dilatih secara keterampilan skill dan fisik, seluruh pasukan Damkar juga dibekali dengan pelatihan tali temali hingga tata cara penggunaan peralatan recue lainnya.

    Hanya saja, ada kendala yang dialami Damkar Karangasem, ialah pada kurangnya jumlah pasukan. "Jika melihat Perbup tentang rencana induk sistem managemen kebakaran di Kabupaten Karangasem, Damkar Karangasem harusnya minimal memiliki 5 pos diwilayah managemen kebakaran untuk memenuhi respon time 15 menit, "tandasnya. 

    Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem saat ini meliki 86 orang personil yang terdiri dari staf kantor pusat sebanyak 37 orang, 21 orang ASN, 16 tenaga kontrak dan pasukan sebanyak 50 orang. Dimana saat ini pasukan yang dimiliki di posko utama juga di bagi tugaskan ke pos Damkar yang ada di Kecamatan Selat yakni sejumlah 12 orang. 

    Menurutnya, jumlah idealnya pasukan dalam satu pos ialah 18 personil, dengan jumlah regu per shift 4 orang pasukan. Dan jika ada kejadian 3 orang melakukan penanganan dan satu orang tetap siaga di Pos. 

    Namun, meski dengan keterbatasan tersebut, Siki Ngurah mengaku tetap berusaha untuk memaksimalkan personil dan armada yang dimilikinya. (bk/Ami)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru