Wakili Tabanan, Ayu Respani Raih Juara 1 Duta Genre Provinsi Bali -->

Advertisement

Wakili Tabanan, Ayu Respani Raih Juara 1 Duta Genre Provinsi Bali

GHSNews.id
Senin, 09 Agustus 2021


GHS NEWS ■ Sebagai upaya mensosialisasikan program Bangga Kencana (Program Pembangunan Keluarga Berencana) di kalangan remaja, program khusus bertajuk Generasi Berencana atau dikenal dengan GenRe, disiapkan oleh BKKBN guna mengedukasi remaja tentang Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) termasuk seks pranikah, napza dan HIV/AIDS. 

Dalam rangka menyukseskan program GenRe pada tingkat Kabupaten, maka Dispenduk dan KB Kabupaten Tabanan membentuk Forum Genre yang anggotanya berasal dari kelompok PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) yang ada di Kabupaten Tabanan. 

Guna meningkatkan peran remaja dalam program GenRe tersebut, maka BKKBN Provinsi Bali menyelenggarakan Pemilihan Duta GenRe Provinsi Bali tahun 2021. 

Pemilihan ini diikuti oleh 10 kabupaten/kota se-Bali. Kabupaten Tabanan sendiri mengirimkan 9 remaja unggulan sebagai perwakilan Duta GenRe dan Ni Nyoman Ayu Respani dari SMAN 1 Tabanan, berhasil menjadi juara 1 Putri serta secara resmi dinobatkan sebagai Duta GenRe Putri Provinsi Bali 2021. 

“Banyak hal esensial yang sebenarnya patut diketahui remaja demi kepentingannya untuk mempersiapkan masa depan, namun sayangnya banyak diantara mereka yang belum sadar akan hal penting ini dan justru terjebak dalam Triad KRR, untuk itu, Ayu ingin merangkul lebih banyak remaja melalui sosialisasi secara daring atau langsung lewat program GenRe ini,” ujar remaja berusia 17 tahun tersebut, dalam wawancara eksklusif. 

Ia merasa remaja patut menyadari bahwa mereka penting dan berharga, dan dengan alasan tersebut, remaja akan mau belajar untuk mengetahui apa yang harus mereka lakukan untuk masa depan yang lebih baik. 

Meskipun beberapa kendala ia rasakan selama mengikuti seleksi kegiatan, termasuk dibuat kewalahan dengan pembagian waktu sebagai pelajar berprestasi serta pengurus organisasi, ia mengaku bangga bisa menjadi contoh sekaligus menyuarakan kepada remaja pentingnya edukasi  dan wawasan tentang Kesehatan reproduksi, serta menciptakan kalangan remaja yang bebas NAPZA, Seks bebas, pernikahan dini dan HIV/AIDS

“Saya berharap semoga nantinya semakin banyak remaja yang mulai menyadari akan betapa penting dan berharganya peran mereka, karena jika menyadari hal tersebut, mereka pasti akan lebih berhati-hati dalam bertindak” lanjut perempuan kelahiran 25 Maret 2004 tersebut. Duta GenRe ini nantinya akan bertugas  untuk menyasar langsung informasi terkait program Bangga Kencana kepada remaja aktif di provinsi Bali, sehingga bisa tercipta generasi berencana yang berkualitas, sehat, cerdas dan ceria.(hms)