TOSS Center Mendapatkan Bantuan Dua Buah Mesin Pengayak Kompos -->

Advertisement

TOSS Center Mendapatkan Bantuan Dua Buah Mesin Pengayak Kompos

GHSNews.id
Sabtu, 21 Agustus 2021


GHS NEWS ■ Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Klungkung I Ketut Suadnyana menerima bantuan CSR bertempat di TOSS Center Karangdadi Desa Kusamba Kecamatan Dawan pada Jumat (20/8/2021).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengucapkan terimakasih kepada para donatur dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung atas bantuan dan dukungannya dalam mensukseskan Toss Center yang digagas dari tahun 2018, sehingga kita dapat menjadi role model bagi Pemerintah Pusat mengenai implementasi dari pengolahan sampah.

“Menjadikan TOSS Center seperti saat ini tidaklah gampang, dan membutuhkan waktu yang cukup panjang, ketika diawal membuat inovasi ini, tidak banyak yang mendukung, tidak banyak yang percaya, bahkan lebih banyak yang apriori, tetapi saya dan instansi terkait, tidak ingin menyerah begitu saja, maka kami buktikan dan hasilnya berupa apa yang ada saat ini di TOSS Center”, ujar Bupati Suwirta.  

Bupati Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung akan terus berusaha menjadikan TOSS Center tidak hanya sebagai tempat pengolahan sampah, tetapi juga sebagai tempat edukasi dan tempat rekreasi, dan konsepnya sudah disusun. Di Dalam Toss Center ini akan terintegrasi dengan Pertanian dan Perguruan Tinggi.

“Pemkab Klungkung kewalahan mencarikan alat penunjang untuk pengoperasian TOSS Center, Duit ada tetapi tidak bisa dilakukan pengadaan karena barang penunjang tidak terdapat di E-Katalog, sehingga semua alat penunjang yang ada berasal dari bantuan CSR,” imbuhnya. Mengenai hal tersebut, Bupati Suwirta sudah melakukan koordinasi agar kedepan pengadaan alat-alat dapat dilakukan dengan menggunakan E-Katalog. Sehingga TOSS Center dapat menjadi inovasi yang dapat menjadi andalan dalam menuntaskan sampah.  

Bupati Suwirta meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Klungkung supaya bantuan yang sudah diberikan oleh para donatur dapat diinventarisir dan dirawat serta dipergunakan dengan baik.

Bupati Suwirta berharap kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Klungkung supaya dapat bekerjasama dengan Pemkab dalam menuntaskan permasalahan sampah di Kabupaten Klungkung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan I Ketut Suadnyana dalam laporannya mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah ikut berbagi dan membantu kebersihan di Kabupaten Klungkung.

I Ketut Suadnyana mengharapkan agar gagasan dan ide yang Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berikan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Klungkung serta komitmen untuk menjadikan Kabupaten Klungkung menjadi Kabupaten yang bersih dari sampah, agar masyarakat Klungkung bisa ikut bangkit bersama-sama bertanggung jawab dalam mengatasi persoalan sampah yang ada di Kabupaten Klungkung.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Koperasi Pasar Srinadi yang terus mendampingi dalam bidang kebersihan, dan  mengucapkan terimakasih kepada Alfamart yang ikut peduli dengan kebersihan di Kabupaten  Klungkung, Pihak Alfamart juga sudah memberikan bantuan 5 unit wastafel yang digunakan untuk kepentingan menjalankan prokes Covid-19,” ujar I Ketut Suadnyana.  

Bantuan yang diterima berupa dua buah Mesin Pengayak Kompos yang bersumber dari dana sosial Koppas Srinadi Klungkung dan CSR PT Sumber Alfaria Trijaya Cabang Bali. Mesin Pengayak Kompos memiliki kapasitas 4000 - 5000 kg/jam kompos, dengan dimensi 4500 x 1500 x 1800 mm. Penyerahan dilaksanakan dengan menandatangani surat serah terima barang antara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dengan Ketua Pengurus Koperasi Pasar Srinadi Klungkung Ngakan Made Nata dan Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Cabang Bali Danny Febrianto. 

Di akhir acara, Bupati Suwirta juga Menyerahan 500 pcs masker secara simbolis kepada perwakilan Petugas Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Klungkung. (klk/Cok).