Antipasi Lonjakan Pasien, RSUD Dr. Iskak Tulungagung Rekrut 100 Relawan -->

Advertisement

Antipasi Lonjakan Pasien, RSUD Dr. Iskak Tulungagung Rekrut 100 Relawan

GHSNews.id
Selasa, 03 Agustus 2021


GHSNews.id ■ Kondisi Kabupaten Tulungagung saat  pandemik covid-19 makin meningkat, bahkan PPKM-nya berada dilevel 4. 

Dalam rangka memberikan pelayanan  ditengah lonjakan Pandemik covid-19, RSUD dr. Iskak Tulungagung terus meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana salah satunya penambahan SDM, pada Selasa (3/8).

"Dalam rangka memenuhi SDM itu, kita melakukan rekruitmen relawan covid-19 yang jumlahnya kurang lebih 100 orang dari berbagai profesi," kata Kasubbag Humas RSUD dr. Iskak Tulungagung, Mochammad Rifai.

Menurut Rifai, rekrutmen relawan covid-19 bukan semata-mata karena tenaga kesehatan (nakes) di RSUD yang kuwalahan, tetapi karena sebagian dari nakes ada yang terkonfirmasi dan harus diistirahatkan.

Selain itu, rekrutmen relawan juga merupakan upaya melindungi nakes, artinya nakes yang melayani pasien covid-19 merupakan orang yang beresiko.

"Pemulasaran jenazah itu ada tambahan 5 tenaga, kita harapkan ceweK. Dari 100 orang yang direkrut semuanya urgen," katanya.

Diungkapkan, alasan memilih membuka rekrutmen ketimbang dipihak ketigakan, karena penyedia jasa tidak tahu spesifikasi perekrutan yang diharapkan RSUD. 

"Kita nanti ada tes TKB, wawancara dan ada tes profesi," jelasnya.

Para relawan covid-19, mulai bekerja pada pertengahan bulan Agustus 2021 tepatnya tanggal 13 Agustus 2021 sudah mulai masuk.

Dalam 2 hari dibuka pendaftaran, kata Rifai, antusias pendaftar sudah cukup banyak mencapai ratusan pendaftar dan semua formasi sudah terisi semuanya.

Untuk relawan covid-19 sendiri, masa kerjanya akan dikontrak selama 5 bulan dulu. Rifai berharap dalam 5 bulan kedepan angka covid-19 di Tulungagung melandai dan menurun sehingga aktifitas masyarakat bisa normal kembali.

Untuk diketahui, rekruitmen relawan covid-19 nakes dan non nakes di RSUD dr. Iskak Tulungagung ada 15 formasi antara lain: dokter umum, perawat, ahli gizi klinis, radiografer, asisten apoteker, analisis kesehatan, petugas IGD, asisten perawat, portir pasien, petugas laundry, petugas pemulasaran jenazah, portir obat IGD, pengemudi ambulance, portir oksigen, dan petugas supervisi kebersihan dan keindahan gedung.(AR)