Polisi Kalimanah Gunakan Mobil Pribadi Antar Pasien Covid-19 ke Rumah Sakit -->

Advertisement

Polisi Kalimanah Gunakan Mobil Pribadi Antar Pasien Covid-19 ke Rumah Sakit

GHSNews.id
Selasa, 03 Agustus 2021


GHS NEWS ■ Bhabinkamtibmas Polsek Kalimanah Polres Purbalingga Brigadir Sigit Eko mengantar warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 ke rumah sakit menggunakan mobil pribadi miliknya, pada Selasa (3/8/2021). 

Hal itu dilakukan karena kondisi warga tersebut mengalami sesak napas saat menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap Bhabinkamtibmas mengevakuasi warga bernama Musliat (62) asal Desa Rabak, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten PurbaIingga. Warga tersebut sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Kapolsek Kalimanah AKP Setiadi saat dikonfirmasi menceritakan bahwa Bhabinkamtibmas Polsek Kalimanah mengantarkan warga terkonfirmasi positif Covid-19 ke rumah sakit. Hal tersebut setelah mendapatkan laporan dari bidan desa ada warga isolasi mandiri mengalami penurunan saturasi oksigen dan mengaku sesak napas.

Bhabinkamtibmas kemudian mengantar warga tersebut dengan mobil pribadinya. Karena setelah menghubungi pihak puskesmas tidak bisa langsung membawa pasien namun harus melalui sejumlah prosedur untuk pasien bisa diantar sampai ke rumah sakit. Padahal kondisi pasien butuh penanganan medis segera.

"Karena situasi tersebut dengan inisiatif sendiri Bhabinkamtibmas menggunakan mobil pribadi dan peralatan APD lengkap membawa warga positif Covid-19 ke rumah sakit," kata kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek bahwa tindakan tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Diharapkan warga yang mengalami penurunan saturasi oksigen bisa segera mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Ini merupakan wujud respon cepat polisi membantu masyarakat yang membutuhkan. Apalagi kondisinya membutuhkan pertolongan cepat," kata kapolsek.

Kapolsek menambahkan warga terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut kemudian ke RSUD Goeteng Taroenadibrata PurbaIingga. Saat ini warga tersebut sudah dalam penanganan dan perawatan pihak medis rumah sakit.

■ Imam Santoso