Fadel Muhammad Dorong Kakao Jembrana Sebagai Branding Potensi Daerah -->

Advertisement

Fadel Muhammad Dorong Kakao Jembrana Sebagai Branding Potensi Daerah

GHSNews.id
Senin, 09 Agustus 2021


GHS NEWS ■ Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Fadel Muhamad melaksanakan kunjungan kerja ke kabupaten Jembrana. Kehadiran Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad secara langsung disambut oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingin Pj. Sekda I Made Budiasa berserta beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jembrana di Rumah Dinas Bupati Jembrana, pada Jumat sore (6/8).

Dalam kunker dengan agenda diskusi bersama  perwakilan petani, dan OPD disektor pertanian di Jembrana, Fadel ingin Jembrana fokus pada tanaman kakao ( cokelat)  sebagai branding daerah . Ia berasalan kakao Jembrana sangat terkenal dengan kualitas produksi  yang sangat besar. 

" Saya kira banyak hal yang dapat di bawa ke Jakarta untuk diolah dari hasil diskusi bersama Bupati, jajaran dinas terkait dan aspirasi dari para petani tadi. Nanti saya akan teruskan kepada menteri yang membidangi masing-masing. Seperti halnya komoditi coklat Jembrana, kebetulan juga saya  merupakan Ketua MAI (Masyarakat Agro Industri) yang membawahi seluruh propinsi. Ini akan kita bawa ke tingkat nasional. Apa yang saya lihat untuk dijadikan sesuatu untuk diolah dan secara langsung saya akan mengawal ini kepada Menteri Pertanian RI ,” ungkapnya.

Harapan lainnya pada potensi Jembrana di sektor perikanan disebutnya juga luar biasa. Fadel juga mendukung pengembangan  sektor pariwisata yaitu rencana besar bupati untuk mengembalikan sebuah sejarah baru Tibu Kleneng.

Lebih lanjut mantan Gubernur Provinsi Gorontalo 2 periode tersebut menyarankan saat ini yang  bisa digarap terlebih dahulu adalah dibidang pertanian yaitu coklat dan perikanan . Kedua sektor ini merupakan program utama dan sudah mendapat perhatian pemerintah pusat. Berikutnya , digarap pariwisata dikarenakan adanya tol yang dibangun dan juga pelabuhan udara di Buleleng. Ia mengaku  optimis kedepan Jembrana bakal hebat, dan inilah  masa depan dari Indonesia.

"Jembrana ini bersebrangan dekat dengan Jawa Timur yang merupakan berpenduduk 35 juta orang dapat dibayang potensi orang lokal datang sangat besar sekali," tandasnya.

Selain itu   visi atau mimpi besar yang disampaikan bupati seperti yang sudah dijabarkan tm, menurutnya  sesuatu yang realistis untuk dilaksanakan.

"Jembrana bisa bangkit di tengah masa pandemi covid-19 ini saya kira adanya penunjang dari bidang pertanian dan perikanan selain Jembrana juga mempunyai padi yang bagus dan potensi-potensi lainnya.Sekali lagi Saya sangat optimis bahwa Jembrana menjadi kabupaten yang maju dan potensi- potensi untuk mendukung untuk itu sangat besar sekali," terang Fadel.
 
Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba  menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhamad ke kabupaten Jembrana yang notabene menjadi wilayah paling barat di pulau Bali.  Bupati juga menyebut secara potensi daerah , Jembrana bertumpu pada pertanian dan kelautan. Salah satunya Kakao Jembrana yang memang saat ini menjadi komoditi unggulan pemerintah daerah Jembrana. 

Selain itu, Kakao  juga dikenal akan potensi kelautan dan perikanan sangat-sangat luar biasa, serta potensi pariwisata  yang tengah dikembangkan sekarang ini yaitu pengembangan kawasan Tibu Kleneng.

"Terima kasih atas kehadirannya Bapak Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad ke Jembrana, semoga kehadirannya dapat menginspirasi kita semua khususnya belajar dari pengalaman-pengalaman yang beliau peroleh. serta membawa dampak positif bagi kemajuan di Kabupaten Jembrana," ucapnya.(Ari/hms)